Membuat Kartu Kuning (AK-1) dan SKCK di Polres Purworejo

Setelah lulus kuliah saatnya memasuki dunia kerja. Syaratnya harus punya SKCK dan Surat Kuning atau Surat Pencari Kerja. Kemarin, tanggal 02 April 2013 ane ngurus SKCK di Polres Purworejo.
Berikut langkah-langkah yang ane lakuin sejak pagi buta..
Pertama membuat Surat Pengantar Membuat SKCK dari RT dan RW, kemudian kalo udah dapet lanjut minta pengantar ke Desa. Isinya keterangan bahwa kita berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana. Semuanya Gratis.
Setelah mendapat Surat Pengantar dari Desa lanjut ke Polsek Kutoarjo untuk membuat SKCK. Tapi kalo Polsek tidak melayani SKCK untuk mendaftar Negeri seperti CPNS, jadi hanya untuk swasta. Untuk membuat SKCK yang juga berlaku untuk mendaftar kerja di negeri harus sampai ke Polres Purworejo.

Syarat-syarat membuat SKCK di Polsek Kutoarjo:
1. Surat pengantar membuat SKCK dari Desa,
2. Fotocopy KTP 2 lembar,
3. Fotocopy Kartu Keluarga 2 lembar,
4. Foto 4x6 terbaru warna merah 2 lembar,, semuanya masukin map..
5. Biaya Rp 10.000,-
Kemudian ntar kasih blangko pertanyaan untuk diisi, seperti umur orang tua, tahun lulus dari SD, sampai kuliah, dll. Tunggu beberapa menit udah jadi..

Lanjut ke Polres Purworejo.
Di Polres step pertama di suruh melakukan Sidik Jari..Pas di tempat sidik jari dimintai 2 Foto ukuran 4x6 warna merah..beberapa menit jadi deh kartu sidik jari.
Setelah itu ndaftar di loket masukin aja map yang dari Polsek. Terus ntar di kasih blangko pertanyaan kayak di Polsek. Diisi tujuannya membuat SKCK untuk Melamar Kerja…jadi bisa untuk melamar Kerja di Negeri dan Swasta. Kalo ane terlanjur buat dua SKCK yang pertama untuk melamar negeri dan yang satunya untuk melamar swasta.

Syarat-syaratnya:
1. Map yang dari Polsek: Fotocopy KTP, KK, Pengantar SKCK dari Polsek,
2. Foto 4x6 warna merah 3 lembar..berhubung ane buat 2 SKCK jadi fotonya 5 lembar,
3. Biaya pembuatan SKCK 10 ribu/SKCK.

Tunggu beberapa saat SKCK udah jadi..terus fotocopy buat di legalisir..biaya legalisir 5 ribu..Kelar deh membuat SKCK, terus lanjut ke Disnaker untuk membuat Kartu Kuning.

Syarat-syarat Membuat Kartu Kuning di Disnaker Purworejo:
1. Fotocopy KTP diperbesar 200% 1 lembar, disana udah ada tukang fotocopyannya,
2. Foto 2 lembar ukuran 3x4, warna merah, bebas kayaknya juga boleh,
3. Fotocopy Ijazah terakhir,
4. Terus dikasi blangko buat diisi,
5. Map warna bebas.
Tunggu beberapa saat jadi deh kartu kuningnya..Fotocopy buat di legalisir..Biaya membuat Kartu kunig dan Legalisir Gratis…
Sekian pengalaman pertama dan semoga menjadi pengalaman terakhir ane membuat SKCK dan Kartu Kuning. Sebaiknya pakai hem dan jangan pakai sandal jepit..kayak ane kemarin diceramahin..hehe

Sekian Pengalaman Ane Membuat Kartu Kuning (AK-1) dan SKCK di Polres Purworejo..

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger.

Google+ Followers