Download Ebook Novel Gajah Mada 1-4 Full by Langit Kresna Hariadi

Download Ebook Novel Gajah Mada 1-4 Full by Langit Kresna Hariadi 
Kisah Gajah Mada sang maha patih Majapahit Karya : Langit Kresna Hariadi. Novel Sejarah Gajah Mada, terdiri dari 5 buku..hanya saja yang ke lima di cari ebooknya susah banget..hehe..Salah satu buku berbau sejarah favorit ane. Menarik banget ceritanya, ga berhenti kalo udah baca..

Buku:
Gajah Mada 1
Gajah Mada 2.Bergelut Dalam Kemelut Tahta Dan Angkara.
Gajah Mada 3.Hamukti Palapa
Gajah Mada 4.Perang Bubat
Gajah Mada 5. Madakaripura Hamukti Moksa.

Berikut Review Novel Gajah Mada (Copas) :) hihi
Sebenarnya pengarang buku ini berhasil menciptakan karya yang berhasil menarik orang awam yang biasanya tidak tertarik pada topik sejarah. Ia berhasil mengikuti jejak pengarang yang sangat dikaguminya yaitu SH Mintardja. Ia berhasil menyusun cerita sejarah yang membuat kita, sang pembaca, tidak dapat meletakkan buku dan terus membaca, dengan ceritanya yang mengalir lancar dan menegangkan.

Tapi berbeda dgn SH Mintardja yang mengarang tokoh utama yang fiksi dengan didampingi tokoh sejarah yang sebenarnya di latar belakang. Langit Kresna Hariadi lebih ambisius dengan menjadikan Gajah Mada, salah satu tokoh sejarah paling ngetop di Indonesia, menjadi tokoh utama ceritanya. Sehingga dia terjebak terlalu mengagung-agungkan Gajah Mada menjadi tokoh yg begitu cerdas, bijaksana, sakti, "licin" dan semua yang serba hebat. Seperti bukan manusia saja (Di dalam kenyataan sebenarnya kita tidak akan pernah lupa peran Gadjah Mada yang "licik" dalam Perang Bubat).

Disamping itu cerita berkembang menjadi hanya sekadar "cerita silat" yang menceritakan pengejaran dan pertarungan ke pengejaran dan pertarungan berikutnya. Dan Bhayangkara digambarkan begitu saktinya, namun kemudian kita malah jadi bertanya jika sedemikian saktinya mengapa pada awalnya mereka kalah dan terpaksa mundur dari ibukota?

Disamping itu saya terganggu dengan ketidakakuratan sejarah disana-sini di sepanjang novel. Misal:

Sebenarnya Ra Tanca membunuh Jayanagara, 9 tahun setelah pemberontakan Ra Kuti (di novel, Ra Tanca langsung membunuh Jayanagara setelah Jayanegara kembali ke ibukota). Pada saat meninggal Ra Tanca sudah beristri (bukan Rajadewi), pada novel Ra Tanca masih membujang dan jatuh cinta pada Rajadewi.

Jayanagara tidaklah sebaik yang digambarkan dalam novel, pada kitab Pararaton disebutkan Jayanagara tidak mengijinkan pemuda manapun mendekati kedua adiknya yang cantik yaitu Tribhuwana dan Rajadewi, dan hendak menikahinya sendiri. Inilah pemicu Ra Tanca membunuh Jayanagara. Terdapat kemungkinan Gajah Mada telah memberi "blessing" kepada Ra Tanca untuk melakukan hal ini dengan mengundangnya ke istana untuk mengobati Jayanagara. Tapi kemudian untuk menghilangkan jejak, Ra Tanca segera dibunuhnya (bagaimanapun Ra Tanca adalah mantan pemberontak yang tidak disukai Gajah Mada).

Saya tidak tahu apakah keakuratan sejarah membaik pada novel ke-2 hingga ke-5. Tapi yang jelas saya sudah memutuskan tidak akan membaca lanjutan novel ini karena masalah kecenderungan novel sejarah ini hanya menjadi sekadar cerita silat saja. Bagi anda para penggemar novel sejarah dengan bumbu cerita silat mengapa anda tidak membaca Senopati Pamungkas? Novel ini lebih lancar, seru dan tidak berpretensi sebagai kitab sumber pengetahuan sejarah. :-)

Buku ini sedang menyita perhatian saya saat ini, sebuah novel fiksi dengan latar belakang sejarah yang bercerita tentang kehebatan Gajahmada sebagai orang yang berjasa mengantar Majapahit ke puncak kejayaannya. Buku setebal 582 halaman ini di tulis oleh Langit Kresna Hariadi seorang pengamat sejarah dan mantan wartawan harian umum Abri yang berasal dari Solo. Kisah Gajahmada ini di buat dalam 5 seri yaitu Gajah Mada, (Gajahmada) Bergelut dalam kemelut takhta dan angkara, (Gajahmada) Hamukti Palapa, (Gajahmada) perang bubut dan (Gajahmada) Madakaripura hamukti moksa. Sekarang saya sedang lanjut membaca buku ke dua.

Epos ini berlatar belakang tahun 1319, ketika itu majapahit adalah kerajaan megah yang bertakhta di tanah Jawa di bawah pemerintahan Sri Jayanegara. Gajahmada adalah seorang bekel (pemimpin) Pasukan Bhayangkara, Pasukan Bhayangkara adalah pasukan khusus pengawal raja, kalau sekarang mungkin bisa disamakan dengan Paspampres.

Di buku pertama ini, Langit Kresna Hariadi bercerita tentang Kehebatan Gajahmada dalam menghadapi pemberontakan yang di lakukan oleh Rakrian Kuti, seorang temenggung majapahit yang baru di beri gelar anugrah Rakrian Winehsuka (orang-orang yang sangat tinggi pengabdian dan kesetiaannya kepada raja) oleh Jayanegara. Karena godaan yang besar akan kekuasaan untuk menjadi orang nomor satu di Majapahit membuat Ra Kuti memprovokasi temenggung yang lain untuk membuat makar terhadap raja Jayanegara.

Rencana sudah di susun dengan sempurna, dengan keyakinan penuh oleh kelompok Ra Kuti bahwa raja Jayanegara dapat di lumpuh kan dengan sangat mudah, akan tetapi dengan kehebatan ilmu mata-mata yang di miliki oleh Pasukan Bhayangkara, akhirnya Gajamada dapet mencium adanya perbuatan makar tersebut, sehingga Raja dapat di selamat kan walau harus merelakan jabatannya di rebut oleh Ra Kuti. Melalui sebuah lorong rahasia yang berada di dalam kamar tidur raja, Pasukan Bhayangakara dapat meloloskan raja dari kejaran pasukan Ra Kuti.

Dan di mulai lah petualangan Gajahmada, bagaimana sepak terjang sang ksatria Gajah Mada dalam menyelamatkan Majapahit dari kehancuran ? jurus-jurus maut nya bersama Pasukan Bhayangkara untuk menyelamatkan Raja, kekecewaan besar karena adanya penghianatan dalam Pasukan Bhayangkara, ide-ide cerdas Gajahmada dalam memimpin serangan gerilia menghadapi pasukan Ra Kuti, intrik-intrik politik dalam merebut kembali kekuasaan semua di ramu dalam sebuah cerita yang seru dan menegangkan. Apakah Gajahmada berhasil memenangkan peperangn ini ???? silahkan membaca buku nya.

Sebagai Karya sastra, novel ini mempunyai keakuratan informasi sejarah, dan layaknya seorang J.K.Rowling, Langit Kresna Hariadi sanggup menghidupkan tokoh-tokoh dalam novel sehingga memberi keasyikan imajinasi kepada pembaca, kita seolah di ajak langsung dalam jalinan cerita, ikut mencari jawaban akan teka-teki yang tersaji.

Menurut hasil Browsing, Gajahmada lahir pada tahun 1300 di lereng pegunungan Kawi - Arjuna, daerah yang kini dikenal sebagai kota Malang (Jawa Timur). Sejak kecil, Gajahmada sudah menunjukkan kepribadian yang baik, kuat dan tangkas. Kecerdasannya telah menarik hati seorang patih Majapahit yang kemudian mengangkatnya menjadi anak didiknya, Gajah Mada terus menanjak karirnya hingga menjadi Kepala (bekel) Bhayangkara (pasukan khusus pengawal raja).

Majapahit adalah suatu kerajaan yang pernah berdiri dari sekitar tahun 1293 hingga 1500 M dan berpusat di pulau Jawa bagian timur. Kerajaan ini pernah menguasai sebagian besar pulau Jawa, Madura, Bali, dan banyak wilayah lain di Nusantara. Majapahit dapat dikatakan sebagai kerajaan terbesar di antara kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara dan termasuk yang terakhir sebelum berkembang kerajaan-kerajaan bercorak Islam di Nusantara.

Overall buat penyuka novel yang berbau sejarah, buku ini patut di Baca.
Berikut Link Download Gajah Mada 1-4
Gajah Mada 2.Bergelut Dalam Kemelut Tahta Dan Angkara. Download ebook.588 kb
Gajah Mada 3.Hamukti Palapa Download ebook.1,5 mb
Gajah Mada 4.Perang Bubat Download ebook.910 kb 
Gajah Mada 5. Madakaripura Hamukti Moksa

Kalo udah download ebooknya sebaiknya beli juga bukunya ya..hehe

4 comments:

  1. klo mau beli online bisa tidak, karena saya di sulawesi barat

    ReplyDelete
  2. bisa kok gan..banyak toko buku online terpercaya..misalnya gramedia online. Coba yg ini: http://www.inibuku.com/23845/paket-novel-gajah-mada-5-buku.html
    Buku 1-5 harganya 300 rb-an..

    ReplyDelete
  3. Mohon maaf, untuk membaca file tersebut menggunakan software apa?

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.

Google+ Followers