Encoder Film Terbaik dan Urutan Kualitas Movie di Internet

Encoder Film Terbaik dan Urutan Kualitas Movie di Internet 
Encoder Film Terbaik dan Urutan Kualitas Movie di Web Download
Agan yang sering nonton film hasil download-an pasti ga asing sama ganool, scOrp dan encoder film lainnya. Pengertian secara global: Encode: Mengubah suatu bentuk/format ke bentuk/format lainnya. Berikut profil encoder film yang sering nongo di web.

  1. ShaaNiG: Profile LOW, tapi dia bermain brightness, contrast dan saturation, makanya sekilas terlihat lebih bening dari yg lain, padahal kalau lebih teliti baru keliatan tuh celahnya, encoder dari India. Kualitasnya bagus dan sekarang jadi salah satu encoder film favorit banyak orang. 
  2. ARNT: Profile LOW, ga pakai filter apapun, size juga paling kecil dimana size itu berbanding lurus dengan kualitas, kecuali yg hobi download size paling pasti pilih ARNT, encoder dari Turki
  3. Ganool: Profile MEDIUM, ga pakai filter apapun, tapi paling cepet updatenya, dia yg jadi pilihan pertama para leecher dan situs copy paste untuk kejar setoran ke mbah gugel. Encoder asli indonesia ini mungkin adalah encoder film favorit di Indonesia dan kualitasnya ga ada yang meragukan karena ganool.com jadi situs download film paing terkenal di Indonesia.
  4. scOrp: Profile HIGH, profilenya paling tinggi diantara yg lain, dia juga bermain di brightness, contrast dan saturation seperti ShaaNiG. Karena Profile dia HIGH jadi encodenya paling lama diantara yg lain. Berasal dari India, tetanggaan dengan ShaaNiG. Kualitas film yg di rip sama scOrp ga perlu di ragukan dan bisa di bilang sangat bagus terutama dari segi suara. Dan juga emang scOrp ini adalah yg paling lama dan berpengalaman dalam hal ngerip film. 
  5. nItRo: Profile MEDIUM, hampir sama dengan Ganool, ga pakai filter apapun, encoding nya lama, biasanya size lebih kecil dari Ganool. Asal dari UK/India/Pakistan, ngakunya orangnya sih gitu, mungkin nomaden dia. Film yg di encode sama nItRo biasanya berukuran lebih kecil dari punya scOrp, shAaNiG, ataupun Ganool, misalnya punya scOrp atau shAaNiG 700-900mb punya nItRo biasanya hanya 575-775mb dan ini menjadi kekurangan karna kualitasnya juga agak berkurang, terutama suara yg kurang bagus menurut saya, tapi juga menjadi kelebihan karna file lebih kecil berarti download pun jadi lebih cepat.  
  6. YIFI: Profile HIGH, hampir sama dengan scOrp, hanya saja dia gak pakai filter. Asal No Info.
Menurut ane scOrp adalah encoder film terbaik.
Jenis dan Urutan Kualitas Film  
Berikut ini adalah jenis kualitas film yang wajib diperhatikan kalo mau download film di internet (dari paling baik ke yang paling buruk):

Bluray > WEB-DL > HDTV > R6 > DVDRip > R5 > DVDScr > TS > CAM

  • CAM (CAMRip):
    Tipe ini merupakan kualitas terburuk dari sebuah film. Sumber film direkam dari bioskop dengan menggunakan video kamera portabel / handycam. Selain gambarnya buram, suaranya juga buruk, karena banyak noise yang ikut terekam, seperti suara penonton. Diantara itu semua yang paling menyebalkan adalah gambar kadang sering bergerak-gerak, hal ini mungkin disebabkan karena kamera yang digunakan untuk merekam film tersebut bergoyang.

  • Telesync (TS):
    Kualitas gambarnya sama dengan CAM, hanya bedanya hanya di suaranya yang sedikit bagus, karena suaranya direkam melalui line khusus. Biasanya di bioskop ada line khusus yang digunakan untuk orang mengalami gangguan pendengaran. Line inilah yang digunakan dalam merekam film.

  • Telecine (TC):
    Kualitas gambar dan suara bagus, karena dicopy dari sumber aslinya. Biasanya film ini masih memiliki time counter di atas dan bawah layarnya.

  • Pay Per View (PPVRip):
    Sumbernya berasal dari layanan Pay-Per-View. Biasanya layanan ini ada pada hotel-hotel seperti di Eropa, kualitasnya mirip seperti VHS atau TVRip. Secara umum kualitasnya hampir menyamai kualitas Screener (Scr).

  • Video On Demand (VODRip):
    Kualitasnya hampir sama dengan Pay-Per-View (PPVRip). Sumbernya diambil dari layanan Video On Demand.
  • Screener (Scr):
    Film jenis ini biasanya dicopy dari video VHS yang telah resmi di release. Ciri khas film dengan flag ini adalah masih adanya peraturan undang-undang hak cipta di awal film tersebut. Kualitasnya cukup baik, karena dicopy dari sumber aslinya langsung.
     
  • DVD Screener (DVDScr):
    Sama dengan SCREENER, hanya saja pada tipe ini data diubah kedalam format DVD.

  • DVDRip:
    Sumber film di copy dari DVD release resminya. Kualitasnya sangat baik, karena langsung dicopy dari sumber aslinya.

  • VHSRip:
    Dicopy langsung dari VHS tape langsung.

  • R5:
    Sama dengan DVDRip, namun sumbernya berasal dari DVD yang telah release terlebih dahulu di Rusia.

  • TVRip/Episodes:
    Film dengan jenis ini biasanya direkam langsung pada saat film tersebut sedang disiarkan. Kualitas bergantung pada stasiun televisi yang menyiarkan, apakah film tersebut disiarkan dalam format high definition atau tidak. Jika film tersebut disiarkan dengan format high definition, maka kualitasnya akan sangat baik.

  • DSRip(Digital Satelite):
    Direkam dari transmisi satelite, kualiatasnya baik, biasanya di encode dalam format xvid.

  • PDTV(Pure Digital TV):
    Film jenis ini direkam melalui jaringan TV digital dengan menggunakan Tv Tuner yang mendukung format digital. Kualitasnya sangat baik, biasanya di encode dalam format xvid.

  • HDTV(High Definition TV):
    Sama dengan PDTV.

  • Workprint(WP):
    Merupakan salinan dari film yang belum selesai, bisanya terdapat adegan yang hilang, suara yang tidak beraturan. Kualitas film dengan tipe ini bevariasi, dari yang paling baik hingga yang paling buruk.

  • DivX Re-Enc:
    Merupakan film yang disalin dari DVD / VCD aslinya, namun di encode ulang, untuk menghasilkan ukuran yang lebih kecil. Tipe ini sering dijumpai pada dunia underground dan fansub. Contoh film-film anime biasanya tergolong ke dalam jenis ini.

  • Bluray (BRRip):
    Tipe paling baru dengan kualitas High Definition. Sumbernya dari Bluray atau HDVD. Kualitas sangat bagus dengan resolusi 1080piksel. Diperlukan spesifikasi komputer yang cukup mumpuni agar film dapat berjalan tanpa terpatah-patah. Ukuran filenya sekitar 3-4 lebih besar daripada DVDRip.

Segitu aja tentang encoder film yang pernah saya download dan urutan kualitas film, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kawan-kawan sekalian.

3 comments:

  1. sip akhirnya ada jg yg buat penelitian ttg encoder paporit di dumay. makasi atas rujukannya bro. koleksi doi mmg byk dr scorp (C31), nitro (300mb), ganool(ganool) ama shanig(ganool) (2 nama lain kykx gak ada dlm koleksi doi). mksi mas bro

    ReplyDelete
  2. YIFY emang yg terbaik!!!!!!!!!! ganool emang sih update...tapi gambarnya gelap!!! n suaranya kecil banget! trust me, coba aja lu bandingin ama film dari YIFY beda jauh gan kualitasnya!!! walaupun updatenya kalau udah versi Bluray aja (gak pernah update versi dibawah itu), tapi untuk kualitas ane brani kasih 5 jempol buat YIFY ( seiring kualitas film yg baik ukuran pun mungkin sedikit lebih besar Nambah sekitar 100mb-an lah...tapi gak bakalan nyesel!!!), bagi kalian yg gak pernah download pake torrent!!! bisa search caranya di google n kelebihan download pake torrent....filenya langsung di WRITE di PC kita!!! gak perlu rebuilding kayak IDM atau downloader manapun!!!, gak perlu takut koneksi putus, mati lampu, atau apapun!!!! ane saranin...bagi agan agan yg suka film dengan kualitas bagus dengan size Small- Medium pilih YIFY!!!!, kalau alasannya masih karena gak bisa pake torrent, selamat ber IDM selamanya....bagi yg setuju reply ya, sip bos?

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.

Google+ Followers