Review Film OMG: Oh My God! (2012): Ketika Tuhan Digugat ke Pengadilan

 Review Film OMG: Oh My God! (2012)
Resensi Film India Terbaru - OMG: Oh My God! (2012)
Tak sengaja baca ulasan mengenai film Bollywood ini yang katanya very nice movie, terus cek di IMDb OMG! ratingnya 7,8. Wah ga kalah sama 3 Idiot langsung dah nyari link downloadnya. Dan setelah nonton OMG ini film keren banget awalnya ane kira film komedi seger ternyata film yang berat dan syarat makna yang mengajarkan filosofi hidup dan ke-Tuhanan.

OMG: Oh My God! (2012), sebuah film komedi yang dinobatkan sebagai film Bollywood paling laris sepanjang tahun 2012. OMG: Oh My God! menceritakan tentang seorang penjual patung-patung dewa Hindu di kota Mumbai bernama Kanji Lalji Mehta (Paresh Rawal). Ironisnya walaupun ia menjual patung untuk peribadatan, namun dalam kehidupan sehari-hari ia adalah seorang atheist yang tidak percaya adanya dewa-dewa dan Tuhan. Ia mencoba mendapatkan untung sebanyak-banyak dengan melabeli harga yang tinggi untuk tiap patung, dan kadang-kadang diiringi dengan menipu para pembelinya.
 
Hingga suatu ketika, sehabis ia mengacaukan suatu upacara keagamaan disana. Seorang pendeta, Siddheswar Maharaj (Govind Namdev), marah dan berkata kalau dewa pasti marah akan perbuatannya. Sesampainya di rumah, Kanji mengetahui dari berita di TV kalau tokonya menjadi satu-satunya bangunan yang hancur akibat gempa. Ia terancam kebangkrutan. Perusahaan asuransi menolak membayar ganti rugi karena kejadian itu adalah bencana alam. Tertulis di surat perjanjian bahwa asuransi tidak mengganti kerugian atas hal-hal yang disebabkan oleh Tuhan (Act by God). Tentu saja hal tersebut membuat Kanji marah, apalagi pihak asuransi mengatakan kalau Kanji seharusnya meminta ganti rugi kepada Tuhan, sementara selama ini Kanji tidak mempercayai adanya Tuhan.

Kanji Vs God
Teringat ucapan pihak asuransi agar menuntut ganti rugi dari Tuhan. Maka Kanji bersama Mahadev pun datang ke pengadilan untuk menggugat Tuhan. Karena ia menuntut ganti rugi kepada Tuhan, maka tak satupun pengacara yang mau membela kasusnya. Atas saran pengacara lumpuh Hanif Qureshi (Om Puri), Kanji membela dirinya sendiri karena dalam peraturan pengadilan di India jika tidak seorangpun pengacara mau membela suatu kasus seseorang, maka ia berhak mengajukan dirinya sendiri untuk membela kasusnya. Hanif hanya bersedia membantu dalam mengumpulkan berkas-berkas pengadilan dan surat menyurat. Karena Kanji tidak mengetahui kemana surat tuntutan dialamatkan, maka ia mengirimkan surat tersebut kuil tempat pemujaan.
Kanji yang telah memasukkan kasus tuntutan rugi tersebut ke pengadilan mendapatkan cacian dan cercaan dari masyarakat. Bahkan ia dikejar-kejar sekelompok orang yang berniat membunuhnya, sehingga Kanji berusaha melarikan diri. Ketika sedang dikejar-kejar, munculah seorang pria yang mengendarai motor besar dan menolongnya. Sesampainya di rumah, ia mendapati keluarganya akan pergi mengungsi. Malam harinya, pria yang telah menyelamatkan Kanji datang ke rumahnya. Ia mengaku sebagai Khrisna Vasudev Yadav (Akhsay Kumar) dari Gokul. Khrisna menyampaikan kalau ia telah membeli rumahnya yang ternyata sudah digadaikan. Namun walaupun Khrisna telah membelinya, Kanji tetap boleh tinggal di rumahnya. 

Hari-hari terus berlalu dan persidangan semakin berjalan alot. Anehnya semakin hari popularitas Kanji semakin meningkat karena semua perkataannya saat debat di pengadilan masuk logika. Efeknya orang-orang yang berasal dari berbagai agama (kecuali agama Buddha, tidak disebutkan di film ini), datang dan ingin menuntut para dewa atau tuhannya karena menyalahkan Tuhan atas berbagai musibah yang mereka alami dalam hidup.

Sementara itu, Khrisna Yasudev Vadav berusaha menanamkan nilai-nilai kerohanian kepada Kanji. Untuk meringankan masalah-masalah yang sedang dihadapi Kanji, Khrisna memintanya untuk membaca kitab Bhagawad Gita, dan kitab-kitab suci agama lainnya. Dengan berbekal ilmu yang ia dapatkan dari berbagai kitab suci tersebut, Kanji semakin bertaji di pengadilan.
Bagaimanakah kelanjutan kasus yang diajukan Kanji?
Berhasilkah ia mendapatkan kompensasi atas kerugian yang dialaminya?
Lalu siapakah sebenarnya Khrisna Yasudev Vadav?

Credit: ceritasinema.com

Komentar:
Film yang sangat menarik dan dari segi cerita epic banget. Film jenius, dialog dan konflik semua jenius. Kritikan logis yang dibawakan secara komedi. Mental orang serius mending jangan nonton nih pilem karna mengandung SARA dan juga kalo ga kuat iman juga jangan nonton bisa-bisa bikin kepercayaan di aduk-aduk karena hampir setiap dialognya bikin merinding apa lagi pas di debat pengadilan.hehe

Sekian postingan tentang Sinopsis dan Review Film OMG: Oh My God! (2012). Semoga bermanfaat. Salam.

Rating: 85/100

1 comments:

 
Powered by Blogger.

Google+ Followers