Saya Seorang Introvert, Pemalu, Minder, Bakal Susah Cari Kerja??

Saya Seorang Introvert, Pemalu, Minder, Bakal Susah Cari Kerja??
Saya punya teman, Nanang namanya. Dia salah satu sedikit teman akrab saya di kampus. Dia seorang pemalu, penyendiri atau introvert akut. Jarang ngomong, benci keramaian, jomblo kronis, susah bergaul, sukanya diem aja apalagi ngomong di depan orang banyak atau orang asing, pasti mlempem. 

Pernah satu ketika dia ke kosan saya malam-malam..
-Ngapain Nang??
+Tanggaku meninggal..
-Lah tangganya meninggal kok malah kabur..
+Kamu kan tau git aku ga suka keramaian..

Atau bahkan pas saya wisuda dia tidak datang..dengan alasan: kan kamu tau aku ga suka keramaian git...

Dan, saya pun tidak jauh beda dengan Nanang. Seorang introvert. Punya sedikit teman. Hanya saja tidak seakut dia. Lebih suka diam, menyendiri, minder, susah banget bersosialisasi. Susah dapat temen baru karena jika ketemu orang baru merasa tidak nyaman. Lebih suka di dalam kamar, keluar kalo laper buat cari makan. Males bermasyarakat, males bergaul kecuali dengan sahabat yang bisa buat kita nyaman. Dianggap sombong orang udah biasa, yang nyuruh saya hidup di hutan juga udah banyak.hehe

Tapi kata oraang psikologi, orang introvert mempunyai keunggulan:
1. Biasanya jadi penulis dan pendengar yang baik
2. Lebih mudah berkonsentrasi dibanding extrovert yang harus membagi 2 konsentrasinya ke orang sekeliling dan apa yang sedang ia kerjakan
3. Lebih mudah berempati, karena dia berpikir dulu sebelum bicara...
4. Lebih kreatif, biasanya sih.


Orang introvert susah cari kerja??
ORANG yang introvert diduga sulit untuk mencari pekerjaan. Kalaupun mendapat kerja, ia tak mampu bersosialisasi di tempat kerjanya. Benarkah?

Sebuah artikel di kaskus.co.id:
Sains telah belajar banyak tentang perilaku dan kebutuhan orang-orang introvert. Sains menemukan misalnya, lewat pemindaian otak, bahwa introvert memproses informasi dengan cara yang berbeda dari orang-orang umumnya (saya tidak mengada-ada). Introvert bisa jadi orang yang biasa saja, tapi mereka juga adalah salah satu kelompok masyarakat yang paling kerap disalahpahami di dunia.

Kebanyakan orang cenderung menempatkan orang eksrovert lebih unggul dibanding introvert. Bahkan, kadang kita sampai berkata untuk menjadi orang yang sukses, jadilah orang yang ekstrovert, ato dengan kata lain introvert adalah buruk sedangkan ekstrovert adalah baik. Hal ini membuat orang2 introvert cenderung merasa putus asa, dan tergoda atau terpaksa untuk berubah menjadi orang yang ekstrovert.

Orang ekstrovert identik dengan berhati besar, bersemangat, hangat, dan empati. Sebaliknya orang introvert digambarkan sebagi seseorang yang tidak dapat bergaul, pemalu, kaku, penyendiri, pendiam, dan pelamun.

Menurut seorang ahli psikologi, orang introvert dapat sukses dalam bidang yg dia geluti asal memiliki motivasi diri, manajemen diri, self awareness, serta berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungan sekitar. Beberapa tokoh terkenal seperti Mahatma Gandhi, Albert Einstein, Michael Jordan, J. K. rowling, Bill gates, Steven spielberg merupakan introvert.

Kaum introvert memang tidak pandai berkomunikasi, sehingga potensi yg dimilikinya tidak terlihat segera. Meski dewmikian, orang introvert dapat terbuka dan lepas ketika menemukan seseorang yg cocok dengan dirinya. Tidak seperti orang ekstrovert yang bisa bergaul dengan siapa saja, orang introvert membutuhkan kenyamanan saat berteman. Introvert cenderung berpikir sebelum berbicara, sedangkan orang ekstrovert berpikir ketika berbicara.

Jika ada teman atau keluarga kita yg termasuk orang introvert, perlu didukung dengan:

1. Menyadari bahwa introvert bukan pilihan, bukan gaya hidup, tetapi sebuah orientasi
2. Jika menemukan orang introvert kehilangan kata-kata, jangan berkata “hei, ada apa?” atau “ kamu baik-baik saja?”
karena itu akan membuat orang introvert gak nyaman, sedih, dan merasa hilang semangat
Quote:
bahkan di dalam suatu adegan film disinggung tentang masalah introvert ekstrovert. kira2 gini percakapannya.
A : Pernahkah kau mendengar Alam semesta berbicara ?
B : Tidak...
A : Itu karena kau terlalu berisik ! (ekstrovert=banyak omong=Berisik).
cobalah untuk tenang maka kau akan dapat mendengar alam semesta "berbicara" (Berbicara di sini maksudnya adalah Inspirasi. Introvert=gak byk omong=lebih tenang=gampang dapet inspirasi).

The Famous Introvert:
Berikut adalah tokoh2 dunia yang merupakan seorang Introvert.
Spoilerfor Mahatma Gandhi:



Spoilerfor Michael Jordan:



Spoilerfor Einstein:



Spoilerfor Bill Gates:


Spoilerfor Tom Hanks:



Spoilerfor Clint Eastwood:



Spoilerfor Harrison Ford:



Spoilerfor gwyneth paltrow:




Spoilerfor Julia Roberts:



Spoilerfor J. K Rowling:



Spoilerfor Mark Zuckerberg:



Dan masih banyak lagi Tokoh2 dunia yang tidak mungkin disebutkan satu-persatu.
Ada aplikasi buat ngetes apakah kita introvert atau ekstrovert. Silahkan dicoba gan http://www.mypersonality.info/

6 comments:

  1. Infonya menyentuh perasaanku karena aku seperti membaca catatan tentang diriku sendiri. Aku kira cuma aku yang begitu tapi ternyata ada juga orang seperti aku. Hidup kita sejalan, bro. Orang seperti kita ini selalu dipandang sebelah mata. Akan tetapi, kamu dan temanku mungkin lebih beruntung karena keluarga kalian masih mendukung dan menerima sifat kalian. Beda dengan aku tidak diterima oleh keluargaku karena aku punya sifat berbeda jauh dari mereka. Aku dikucilkan oleh keluargaku bahkan orang tuaku dan saudara kandungku. Aku merasa sendirian di dunia ini. Btw, bolehkah aku mengkopi tulisanmu ini ke blog-ku agar semakin banyak orang tahu bahwa kita seperti ini karena takdir Tuhan. Blog-ku: www.oke-reload.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. introvert ato extrovert bkn masalah...asal tau diri

    ReplyDelete
  3. Malisa adalah contoh pembenci introvert

    ReplyDelete
  4. aku adalh seorg introver yg bnyk dijauhi orang :(

    ReplyDelete
  5. sebagai insan dunia.. tentunya segala sesuatu yang terdapat pada setiap insan adalah anugrah ILAHI yang smestinya dapat memberikan manfaat pada diri lingkungannya..... jadilah diri yang sejati dengan apa adanya diri.... tetaplah menjadi pribadi yang tangguh dan berubah untuk hal yang baik. jadikan kekurangan sebagai kelebihan yg tidak dimiliki orang lain... berpacu untuk masa depan dengan caramu sendiri......... Introvet ataupun ekstrovet adalh dua hal yg beda tapi sesungguhnya sama.. karena keduanya punya kekurangan dan kelebihan.... so.... be yourself and self-confident... do what u can do..!!!!!

    ReplyDelete
  6. terimakasih min, setelah baca artikel ini aku jadi punya motivasi hidup lagi dan bikin aku lebih percaya ke diri sendiri. aku pernah mikir kenapa tuhan itu gak adil, kok dia ga ngasih bakat ngomong ke aku, sehingga aku ga punya teman. Sehingga aku sering protes ke tuhan, dan setelah sadar ga cuman aku yang kaya gini, Aku udah mutusin buat nerima diri aku apa adanya, dan fokus ngembangin bakat terbaik yang aku punya :)

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.

Google+ Followers