Review Film India Dhoom: 3 (2013)

Review Film India Dhoom: 3 (2013)

Dhoom 3 adalah film yang paling ditunggu pada tahun 2013 ini. Dirilis pada tanggal 20 Desember 2013 dirasa sangat tepat untuk mengisi momen liburan Natal & Tahun Baru. Melanjutkan sequel sebelumnya Dhoom, dan Dhoom 2, Film ini ditengarai akan menjadi film yang mencetak sejarah baru di perfilman bollywood.


Sutradara:
Vijay Krishna Acharya
Penulis :
Aditya Chopra
Produksi: Yash Raj Film

Pemain:
Aamir Khan
Katrina Kaif
Tabrett Bethell
Kim DeJesus
Abhishek Bachchan
Uday Chopra


Sinopsis:
Kisah bercerita tentang seorang ayah dan anaknya yang memepertahankan klub sirkus, namun kematian sang ayah membuat sang anak ingin membalas dendam. Intinya mah itu aja. sisanya plus bumbu2nya silakan nonton sendiri dan rasakan akibatnya! haha..
Banyak kejutan - kejutan di dalamnya disertai lagu dan tarian2 yang Fenomenal serta Artis - artisnya yang rupawan


Performa Film

Naskah : (7,5)

Inilah baiknya ketika skenario langsung diejawantahkan oleh sutradaranya langsung. Secara plot, adegan dan tokoh, mampu diterjemahkan dengan baik.
secara bobot cerita mungkin tak terlalu berat daripada dhoom 2. namun efek twist dan dramatisnya itu yang bikin film ini menjadi 'sesuatu'.
Sisi hidup pemeran utama yang banyak dieklsplor, dan benar2 Aaamir Khan menjadi nyawa di film ini.
Adegan demi adegan action baik, namun kurang cemetar membahana, karena fokusnya juga bukan hanya di adegan action, teteup wae ada sisi karakter Bollywood nya yang dicuatkan

Karena film action maka saya akan sedikit bahas lebih banyak tentang aksinya ya.
Kekurangan yang saya rasakan adalah ketidaknyambungan sebab musabab beberapa scene. tiba2 muncul tanpa ada alasan yg diceritakan. penonton-pun mesti cerdas mereka-reka cerita darimana tiba2 itu terjadi.
Beberapa scene yang diulang dan adegan di setengah awal film terlalu di-stretch, untung setelah intermission alurnya dipercepat.
Adegan ala film India nan lebay markibay tetap muncul, pake slow motion dan ala matrix lagi (agak getek jadinya )
untung pas adegan di Chicago gak muncul dan bener2 ala Hollywood bgt lah. salute untuk stuntman yang memang udh teruji di fast furious dan sukses pula di sini!

Agaknya adegan balap terlalu panjang dan kurang greget di beberapa sisi. jadi bingung ini film mau menjual sisi adegan yang mana, pencurian? tapi malah balapnya kebanyakan.
beberapa kejadian yang kurang logis juga terjadi. Terus adegan mobil2 patroli polisi yang tiba2 berhamburan terbalik2 itu juga kurang logis dan cenderung lebay
Tak diceritakan pula Jai & Ali yg kenapa tiba2 dipanggil oleh polisi Chicago (mgkn krna ada tulisan India kali ya, tapi terlalu mentah utk dijadikan alasan, plus adegannya tiba2 di bandara pulak) #huft
Transformasi moge BMW K1300 R edan pisan lah! suka! walau lebay & gak dilihatkan sisi bagaimana produk canggih itu digarap.
(di dhoom 2 masih ada scene dimana HR yg jenius menggarapa produk2 canggihnya).


Sinematografi : (8,5)

Dirilis dalam format IMAX menuntut kamera degan spesifikasi tinggi, tak pelak membuat mata dimanjakan dengan tampilan yang bright.
sudut2 pengambilan gambar dan citra suasana yang dibentuk sudah sangat apik dan pas. CGI nya juga gak alay, bahakn sejajar sama film action Hollywood. #salute
bisa masuk best sinematografi sih di award2 tahun depan. #semoga


Music dan Scooring Backsound : (8,0)

Pritam berhasil bikin lagu-lagu yang gak biasa lagi. setelah Barfi! mungkin lagu2 di Dhoom:3 ini menurut saya adalah karya terbaik selanjutnya.
Apalagi lagu Malang, wah walau dangdut tapi sungguh tak kampungan dan instrumennya kaya! tambah lagi video klipnya klop! wah pantas sekali lagu itu mahal banget, *terbayangakhirnya (jadi ingat scene lagu fireworks di madagascar #3)
Favorit berikutnya adalah Kamli yang berhasil dinyanyikan baik oleh Sunidhi dan diperankan Katrina. Tu Hi Junoon awalnya terdengar aneh, tapi setelah liat video klip full nya malah jadi keren. hehe.
intinya kemunculan lagu2 di film juga logis, gak ujug2 menari2 gak jelas rame2 (*ala India biasanya yg suka kurang logis penempatan lagu & tarian)
Untuk scooring sendiri baik, namun kurang pada bagian klimaks menuju ending. untung bagian endingnya pas.
ntah kenapa penempatan lagu dhoom di akhir dengan selingan kehidupan keseharian sang Aamir Khan gak harmonis sama lagunya.
satu sisi seksi dan sensualitas Katz yg diumbar, di sisi lain kelucuan yg diekspos. (*teuing kalo emang konsepnya begitu), tapi lagu Dhoom nya lumayan fresh lah


Performa Pemain : (8,5)

Aamir Khan : Dialah sang penguasa film! aktingnya memang tak perlu diragukan & kematangan usianya membawa kematangan pula dalam aktingnya.
peran yang cukup berat dan penuh risiko diembannya dan dilaksanakan nyaris sempurna (nobodiesperfect) di usia yang tak lagi belia.
agaknya kalo ada critics award bisa aja dapet deh. dan populer award taun depan semoga aja dapet sbgai best actor. *semogamaudatangmalamanugerahnya unbelievable! kata lainnya yang muncul. tahun 2009 yg lalu kita terkagum2 dengan aktingnya sebagai mahasiswa, dan kini sebagai tokoh utama di dhoom pun demikian.
sayang akting action dan trik sirkusnya kurang dieksplor, padahal tadinya nunggu akrobatik ala sirkus eropa, tapi apa yang ditampilkan aamir dgn usia yg tak lagi muda (apalagi adegan muter2 pake tali itu keren sangat) sudah lebih dari keren, hehe.
yang tak disangka pula adalah kemampuan tari tap-tap nya yang ala aamir khan banget! Gak luwes. cenderung kaku, namun harmonis dengan musik dan penari latar #salute
apalagi di lagu Malang yang versi penuh, Aamir juga menari dengan sangat baik, harmonic, gagah dan keren! memang pantas ia menerima dan akhirnya memainkan peran ini, walau bukan penampilan yang terbaik, tapi film pilihan terbaik bagi Aamir saat ini.


Abishek Bachchan : Ada peningkatan walau sedikit. Menjadi sosok Jai Dixit yang dingin memang tak butuh terlalu banyak dramatisasi dalam penggambaran sosoknya.
ya abhi teteup keren kok di sini. bagus. tapi jadi kurang ada faktor sesuatu nya


Uday Chopra : Nah, kalo gak ada aktor satu ini mungkin akan garing tuh petualangan si Jai. Ali berhasil bikin saya ngakak. walau adegan pertarungannya yang scene di India yg banyak bacot bikin bosan. karakter Ali mampu dipertahankan dari ketiga seri dhoom dengan baik. selamat Uday!


Katrina Kaif : cantiknya badai abis lah! dialah yg paling cantik di bollywood saat ini (*versi saya). kepiawaian nya menari meningkat drastis dengan materi tari yang berat. #thanksvibha
adegan akrobat juga dimainkan dengan baik (walau beberapa yg sulit pasti oleh stuntman )
yang teramat disayangkan adalah porsi naskah untuk wanita ini sungguh sedikit. benar2 seolah pemanis belaka. benar kata Anuparma, bahkan MOTOR lebih banyak muncul dibanding cewek seksi satu ini #huft.
padahal secara performa aktingnya lumayan meningkat lho! walau demikian penampilannya tetap ditunggu dan dia mampu menampilkan sisi terbaiknya dalam porsi yang dibutuhkan utk film ini. selamat Katz untuk dance yang superb! namun porsi akting yg terlalu minim.


Jackie Shroff : aktor yang menjelang veteran ini juga dapat porsi yang sedikit. namun matang dan pas sebagai ayah. #udahaja


Tabrett Bethel : udahlah cuma sebagai pemanis, minim dialog pulak. terbingung2 sama dialog Ali dan Jai. yak, benar2 sebagai pemanis


Value : (7,5)
agaknya lirik Bande Hain Hum Uske udah cukup mewakili film ini plus kata2 terakhir si Jai yang selalu bijak di akhir film (baik D:1 & D:2)
Ada 3 poin yg bisa saya tangkap :
- bahwasanya sebagai makhluk Tuhan kita harus bisa menempatkan diri dan berusaha sebaik mungkin, walau kadang ada cara2 terpaksa dalam mewujudkannya, walau itu bukan pilihan terbaik.
- dalam melihat kenyataan kejahatan, ketika melawannya adalah kadang bukan dengan cara yang eksplisit namun ada cara lain yang tak terduga setelah kita benar2 memahaminya.
- kesetiaan & sayang kepada saudara itu amat penting! dan jagalah nasihat baik orang tua

NB: inilah sukanya film2 Aamir, selalu ada pesan moral! suka suka suka!


Kesimpulan : (8.5)

Entertaining!
Tak disangkal sangat menghibur, Dhoom:3 adalah film yang memang layak ditunggu dan termasuk film yang spektakuler utk ukuran bollywood saat ini.
Tak sempurna memang, namun kelebihan2nya mampu membuat kita lupa kekurangannya
banyak faktor yang membuat film ini sukses, "aamir khan's factor", YRF factor (thx to aditya chopra), perfoma pemain pendukung, sinematografi, naskah yang lumayan, musik yang asik, kemasan yang sangat apik!
judul DHOOM:3 sendiri seolah menjadi pertanda, bahwa angka 3 pada DHOOM:3 menjadi tanda untuk tembus di 300crore club.

Saat ini Dhoom 3 telah memecahkan Rekor Penghasilan tertinggi di awal pembukaan Film mengalahkan Chennai Express & Krrish 3. Dan para ahli memperkirakan Film ini juga mampu memecahkan rekor Film berpenghasilan tertinggi All Time Blockbuster yang sebelumnya dipegang 3 Idiots, Chennai Express, dan Krrish 3.

Rating:  85/100

Source: Kaskus.co.id
Filmnya saat ini masih tayang di Blitz Megaplex & XXI. Antusias penonton juga sangat bagus....Bioskop selalu penuh Ga hanya di India tapi juga di Indonesia.

Selamat untuk team DHOOM: 3!

1 comments:

  1. nonton film bollywood -> dhoom 3 (2013)

    http://www.nontonfilmgratis.com/dhoom-3-2013/

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.

Google+ Followers