Indonesia Juara Piala AFF U-19: Ilham Udin Dkk “Pelepas Dahaga" Suporter

Indonesia Juara Piala AFF U-19
Sebuah penantian panjang bagi seluruh pencinta sepakbola tanah air setelah secara dramatis Indonesia menang 7-6 lewat drama adu penalty atas Vietnam di partai final Piala AFF U-19, gelar juara ini sekaligus menjadi sejarah bagi Indonesia diajang Piala AFF.


Adalah Ilham Udin Armaiyn, pemain yang bernomor punggung 20 menjadi penentu kemenangan Indonesia setelah penendang ke sembilan Vietnam bernomor punggung 15 berhasil digagalkan kiper muda penuh bakat Indonesia, Ravi Murdianto. Stadion Gelora Delta Sidoarjo pun gemuruh oleh suporter Timnas. Seketika Penonton di Stadion Pun Banyak yang Menangis Terharu.
 
Judul ini mungkin agak lebay bagi beberapa orang yang membaca. Tapi bagi saya pribadi ini adalah judul yang tepat untuk mengungkapkan kegembiraan kita bersama saat timnas Indonesia U19 berhasil meraih tropi untuk kali pertamanya.

Kenapa harus dengan kata “Pelepas dahaga?” Apakah kita benar-benar haus? Sejujurnya setiap pecinta sepakbola Indonesia pastinya merasa haus akan prestasi yang menghasilkan sebuah tropi. Tropi dari U19 ini kita ibaratkan setetes air mineral ditengah-tengah padang pasir yang tandus.

Setelah kita kecewa atas kekalahan tim senior saat AFF 2010 (dikalahkan oleh Malaysia) difinal, begitu pula nasib yang sama terjadi pada U16 beberapa minggu yang lalu. Kembali kita dikalahkan oleh timnas Malaysia U16 difinal kali ini melalui adu pinalti. Dan kali ini, di Timnas U19 kita melawan tim kuat Vietnam U19 yang belum terkalahkan dari awal. Dan akhirnya Timnas bisa mengalahkan….

Hari ini segala rasa dahaga kita sudah sedikit terobati, tetasan air itu sudah bisa kita rasakan. Begitu manis rasanya, setidaknya kita bisa mengecap rasanya menjadi “Sang Juara.” Rasa syukur kita haturkan kepada Tuhan melalui kerja keras seluruh pemain, official, pelatih dan seluruh masyarakat Indonesia ini yang saling membantu doa dan motivasi akhirnya apa yang telah kita harapkan ini dapat tercapai.

Terima kasih ini tidak saya khususkan untuk pemain yang mencetak gol, tidak untuk penjaga gawang yang gigih dengan pengorbanannya agar tidak kebobolan. Tidak untuk sang kapten Evan Dimas saja, tetapi untuk semuanya. Untuk kalian semua yang telah berjuang atas nama bangsa Indonesia.

Kami sebagai supporter berharap agar prestasi ini tidak hanya kalian rebut dilevel U19 saja. Tapi di level lebih tinggi (Senior) agar euforia ini akan selalu terjaga. Agar kalian tidak hanya menjadi “tetesan” air saja, melainkan menjadi sebuah “oase” ditengah-tengah gurun pasir.

Terima kasih Evan Dimas, Ilham Udin dkk. . .
Terimakasih Coach Indra Syafrie..

Terima kasih atas semuanya, kami bangga dengan kalian semua. Kami berdoa agar nantinya kalian bisa mencapai target apa yang kalian harapkan sebagai pemain bola. Kami berdoa tropi ini adalah awal untuk mendapatkan tropi-tropi lain yang lebih banyak.

Rekaman babak adu penalti (Sumber: Kompasiana.com)
Vietnam

Indonesia
2-Le Van Son
Gol

5-Muhammad Fatchu Rohman
Gol
3-Tran Huu Dong Trieu
Ditepis

6-Evan Dimas Darmono
Ditepis
18-Hoang Thanh Tung
Gol

19-Zulfiandi
Ditepis
8-Nguyen Tuan Anh
Melambung

7-Muhammad Dimas Drajad
Gol
14-Lam Thi Pong
Gol

11-Hendra Sandi Gunawan
Gol
6-Nguyen Huu Anh Tai
Gol

16-Hansamu Yama Pranata
Gol
11-Phan Thanh Hau
Gol

2-Putu Gede Juti Antara
Gol
9-Nguyen Van Toan
Gol

15-Maldini
Gol
15-Pham Duc Huy
Ditepis

20-Ilham Udin Armaiyn
Gol
#IndonesiaJuara

Berikut ini adalah 20 pemain skuad Garuda Muda di Piala AFF U-19 2013 yang berhasil mewujudkan mimpi.
  1. Ravi Murdianto (Goalkeeper)
  2. Rully Desrian (Goalkeeper)
  3. Putu Gede Juni Antara (Centerback/Fullback)
  4. Hansamu Yama Pranata (Centerback)
  5. Muhamad Sahrul Kurniawan (Centerback)
  6. Febly Gushendra (Centerback)
  7. Muhammad Fatchu Rochman (Fullback)
  8. Dimas Sumantri (Fullback)
  9. Mahdi Fahri Albaar (Fullback)
  10. M. Hargianto (Defensive/Midfielder)
  11. Zulfiandi (Defensive/Midfielder)
  12. Hendra Sandi Gunawan (Central Midfielder)
  13. Alqomar Tehupelasury (Central Midfielder)
  14. Evan Dimas Darmono (Central Midfielder)
  15. Paulo Oktavianus Sitanggang (Central Midfielder)
  16. Ilham Udin Armaiyn (Winger)
  17. Maldini (Winger)
  18. Muhammad Dimas Drajad (Striker)
  19. Muchlis Hadi Ning Syaifulloh (Striker/Winger)
  20. Dinan Yahdian Javier (Winger)
Sekali lagi selamat untuk tim Garuda Muda, teruskan perjuanganmu, jangan takabur dan cepat puas. Perjuangan belum berakhir ini baru awal. Kami seluruh rakyat Indonesia mendoakan dan mendukungmu. Untuk PSSI sebagai federasi sepakbola Indonesia, kedepannya harus lebih fokus memperhatikan pembinaan usia muda. Selamat.

Salam Olahraga!!

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger.

Google+ Followers