Teknik Cara Cepat Tidur Pulas dalam Satu Menit ( Imsomnia Masuk)

Teknik Cara Cepat Tidur Pulas dalam Satu Menit ( Imsomnia Masuk)
Quote: Early to bed and early rise make a man helthy, wealthy and wiseCepat tidurcepat bangun menjadikan orang sehat, makmur dan bijaksana.


Pasti pingin usai membaringkan tubuh di atas ranjang mata langsung terpejam. Namun ada kalanya, sudah 10 menit, 20 menit, bahkan satu jam untuk tidur gagal. Apalagi yang sering imsomnia bisa sepanjang malam cuma muter-muter doang di kasur sepanjang malam.

Stres, bisa membuat Anda sulit langsung tidur. Kondisi mental seperti ini berdampak pada kondisi fisik seperti jantung berdegup kencang, tekanan darah naik, otot tegang yang membuat tubuh sulit tertidur.

Susah tidur? Padahal besok pagi ada acara penting atau apapun itu yang menuntut kita harus bangun pagi dan tampil fresh. Jangan kuatir, ini ada tips bagaimana supaya kita bisa tidur pules dibawah satu menit. Ya, dibawah satu menit!

Cara ini disebut:

Teknik Pernafasan 4-7-8

Teknik ini diperkenalkan oleh Dr. Andrew Weil, seorang praktisi medis lulusan Harvard, dan sudah terbukti secara efektif hasilnya.

Langsung saja begini caranya:

Pokoknya ambil posisi tidur terbaik, terus merem, lalu terapkan langkah sederhana di bawah:

1. Ambil nafas lewat hidung selama 4 detik.
2. Tahan nafas selama 7 detik.
3. Hembuskan lewat mulut selama 8 detik.
4. Ulangi langkah di atas secara konsisten.

Pokoknya jangan bernapas secara normal, konsisten lakukan pernafasan seperti di atas dan tidak sampai satu menit dengan latihan diatas kita sekejap dalam hitungan menit bahkan detik pasti langsung bobo pules. 

Penjelasan Ilmiah

Orang yang susah tidur itu biasanya lagi banyak pikiran atau cemas akan sesuatu, dan hal tersebut ternyata mempengaruhi cara kita bernafas secara optimal. Istilah ilmiahnya kena gangguan kurang-nafas kronis. Orang yang lagi punya banyak pikiran itu pasti nafasnya pendek dan kurang dalam, dan sering secara tidak sadar suka nahan napas.

Nah dengan memperpanjang waktu tarikan nafas selama 4 detik, kita bisa memaksa paru paru untuk mengambil lebih banyak oksigen, dan dengan menahan nafas selama 7 detik, hal itu bisa membuat oksigen tersebut lebih tersebar ke aliran darah. Dan dengan menghembuskan nafas lewat mulut selama 8 detik, dapat melepaskan lebih banyak karbon dioksida dari paru paru kita.

Teknik ini secara efektif bisa memperlambat detak jantung dan meningkatkan kandungan oksigen dalam aliran darah, dan bisa membuat pikiran kita lebih tenang. Cara ini secara instan dapat membuat jantung, pikiran dan keseluruhan system saraf pusat menjadi rileks, karena kita sendiri yang mengatur pernafasan kita menjadi lebih optimal.

Metode Ampuh Lainnya: Gunakan imajinasi Anda
Waktu yang ada di antara merebahkan kepala di atas bantal dan tertidur bisa menjadi waktu untuk merencanakan mimpi yang jelas, atau biarkan saja pikiran Anda mengembara dan berimajinasi sesuka Anda. Ketika tersesat di dunia imajinasi, Anda mungkin cukup beruntung tidak menyadari bahwa Anda telah hanyut ke dalam alam mimpi. Inilah beberapa gagasan untuk itu:
  • Pikirkan sesuatu yang membuat tenang: Membayangkan sesuatu yang menenangkan semacam air terjun, kolam air jernih, lapangan hijau di bawah pelangi, dan lain-lain, bisa menjadi cara untuk menenangkan diri sendiri. Bayangkan diri Anda melakukan hal-hal yang menyenangkan, semacam mengarungi sungai, terbang di atas awan, melihat langit biru pada hari yang indah, mencium mawar, apa saja yang menjadi fantasi ideal Anda. Jelajahi tempat tersebut jika Anda mau, dan temukan hal-hal lain yang ada di dalam dunia imajinasi ini.
  • Bangunlah rumah atau ruangan sempurna di dalam pikiran Anda: Apa saja boleh. Seberapa hebat rumah yang bisa Anda ciptakan di dalam pikiran Anda? Warna apa yang ingin Anda gunakan? Biarkan diri Anda tersesat dalam detail dari impian Anda sambil rileks.
  • Cobalah mendongeng: Cerita bisa menjadi cara yang bagus untuk melambat. Buatlah cerita bersambung yang berlanjut setiap malam, atau mulailah cerita baru sesuai kebutuhan. Idealnya, usahakan cerita tetap ringan dan menyenangkan, bayangkanlah di pikiran Anda. Memikirkan adegan film favorit dan mengikutsertakan diri Anda ke dalamnya bisa menjadi latihan imajinasi yang menyenangkan, misalnya adegan ciuman, atau adegan penyelamatan yang berani.
  • Bayangkan melakukan sesuatu yang Anda dan seseorang yang Anda sayangi sama-sama sukai, sebagai contoh: Bayangkan Anda dan pasangan Anda, pacar, kekasih, dan lain-lain, berjalan dengan damai di lapangan penuh bunga yang harum.
  • Bayangkan kondisi tidur ideal Anda: Lihatlah diri Anda meringkuk di kasur bulu dengan seprai paling lembut, tidur di bawah langit berbintang atau meringkuk dengan pasangan mimpi Anda di awan yang lembut.
  • Pikirkan hal-hal aneh yang tidak mungkin terjadi, sebagai contoh: Bayangkan sebuah roti berwarna ungu berjalan di tembok, memiliki sayap merah dengan mata kail berwarna kuning yang berjuntai dari sayap tersebut, lalu mengejar orang-orang , dan lain-lain.
  • Bayangkan pendulum yang berayun: Dengan mata Anda tertutup, jika Anda relaks, Anda seharusnya merasakan sensasi "jatuh ke dalam kasur".
Sumber: Kaskus

Sekian update informasi kali ini semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi anda semua yang sedang mengalami gangguan susah tidur. Selamat mencoba. Salam.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger.

Google+ Followers